Jenis – Jenis Penyakit Tibi

Penyakit Tibi atau TBC atau Tuberkulosis, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman Mycobacterium Tuberculosis yang kebanyakan menyerang paru – paru. Awalnya yang menyerang paru – paru membuat penderita terkena gangguan berupa batuk, sesak napas, bahkan muntah darah. Penyakit Tibi yang disebabkan oleh kuman dengan kecepatan berkembang biak super cepat, butuh penanganan yang konsisten dan berlanjut untuk membunuh dan membasmi kuman penyebab Penyakit Tibi. Akibat dari lambatnya sangat fatal sekali, kuman Mycobacterium Tuberculosis penyebab Penyakit Tibi akan dapat menyebar ke tulang, otak dan kelenjar tubuh. 

Penyakit Tibi merupakan penyakit menular dengan tingkat kematian tertinggi. Penyakit Tibi bukanlah penyakit baru, dulu merupakan penyakit yang diremehkan karena hanya menjangkit masyarakat kalangan bawah. Karena penyebaran dan tingkat kematian yang tinggi, Penyakit Tibi baru dianggap dengan serius setelah melihat kecepatan penularan dan daya tahan dari Penyakit Tibi. Penularan Penyakit Tibi adalah lewat udara, berasal dari batuk penuh kuman Mycobacterium Tuberculosis menyebar di udara dan dapat hidup selama beberapa jam di udara bebas.

Jenis – Jenis Penyakit Tibi
Pengobatan Penyakit Tibi sangat sulit, harus menjalani pengobatan rutin dengan cara suntik setiap 2 bulan sekali. Pengobatan yang rutin pun tidak menjamin kesembuhan karena kuman Mycobacterium Tuberculosis menyebar dengan sangat cepat ke organ tubuh lain. Penyebaran kuman Mycobacterium Tuberculosis penyebab Penyakit Tibi ke organ – organ lain akan memperpanjang pengobatan, yang seharusnya 6 bulan menjadi 1 – 2 tahun. Berikut jenis –jenis Penyakit Tibi berdasarkan organ yang diserang.

1. Penyakit Tibi kelenjar
Penyakit Tibi kelenjar atau Lymphadenitis adalah Penyakit Tibi pada kelenjar lymfadenitis atau kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening berada di sekitar leher, mulut dan sekitar mata. Biasanya Penyakit Tibi akan menyerang tempat terdekat dengan paru – paru yaitu kelenjar getah bening yang ada di leher. Gejalanya adalah timbulnya benjolan di leher dan menyebabkan implikasi sinus pengeringan.

2. Penyakit Tibi Tulang
Tulang belakang merupakan tempat terdekat penyerangan kuman Macrobacterium Tuberculosis. Gejala dari Penyakit Tibi Tulang adalah rasa pegal – pegal pada sendi dan tulang, daerah sekitar tulang berwarna lebam, kelumpuhan jika terus berlanjut.

3. Penyakit Tibi Paru
Merupakan awal tempat Penyakit Tibi berkembang dan tertular. Gejalanya adalah batuk berdahak lebih dari tiga minggu, berkeringat pada malam hari tanpa aktifitas fisik, nafsu makan turun, sesak dan nyeri disertai batuk berdahak.

4. Penyakit Tibi Meningitis
Penyakit Tibi Meningitis adalah infeksi kuman Mycobacterium Tuberculosis pada otak dan sunsum tulang belakang. Gejala yang dapat rasakan adalah leher yang sering kaku, sakit kepala, muntah, kejang sampai koma. Penyakit Tibi Meningitis juga dapat perubahan mental sampai perilaku penderita sehingga penderita menjari mudah marah dan gelisah.

5. Penyakit Tibi Gastrointestinal
Adalah Penyakit Tibi yang menyerang saluran pencernaan. Semua system pencernaan tubuh diserang, mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, sampai anus. Gejala dari Penyakit Tibi Gastrointestinal adalah nyeri perut, demam, mual, muntah, turunnya berat badan sampai berubahnya jam efektif buang air besar.

6. Penyakit Tibi Custaneous
Penyakit Tibi Custaneous adalah serangan kuman Mycobacterium Tuberculosis pada selaput lendir kulit. Ada 3 jenis Penyakit Tibi kulit, yaitu Vulgaris Lupus, TBC Verrucosa Cutis dan TBC Milary. Gejala dari penyakit tibi Custaneous adalah timbulnya sejenis ruam atau kutil yang tumbuh di wajah untuk Vulgaris Lupus, bagian tubuh sampai bernanah untuk TBC Verrucosa Cutis dan kutil yang muncul pada daerah dada, perut sampai punggung untuk TBC Milary.

7. Penyakit Tibi Osteo – artikular
Penyakit Tibi Osteo – artikular merupakan jenis Penyakit Tibi yang menyerang persendian dengan gejala yang mirip Arthritis disertai nyeri dan kaku pada sendi.

8. Penyakit Tibi Urogenital
Serangan pada saluran kemih dan system reproduksi oleh kuman Microbacterium Tuberculosis  yang awalnya dari paru – paru lalu ikut saluran darah sampai ke saluran kemih dan system reproduksi. Gejalanya adalah adanya darah pada urin, nyeri dan tidak nyaman ketika buang air kecil dan nyeri pada kandung kemih dan ginjal.

Kuman Mycobacterium Tuberculosis dapat menyerang siapapun. Hendaknya selalu waspada dan menjaga ketahanan tubuh dengan pola hidup sehat agar kuman Mycobacterium Tuberculosis dapat dibasmi oleh ketahanan tubuh.

Dapatkan info kuis/kontes terbaru melalui email: